Pantai Rajegwesi Banyuwangi Yang wajib kita Tahu

Pantai Rajegwesi Banyuwangi Yang wajib kita Tahu
Apakah kita Liburan dan berwisata? informasi menarik mengenai tempat wisata yang terindah mempesona, kali ini membahas Pantai Rajegwesi Banyuwangi. Koleksi referensi tempat wisata dan pemandangan alam melalui foto yang kami hadirkan untuk kita, semoga Bisa menentukan wisata mana yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau bersama teman teman. Banyak sekali lokasi pantai, pegunungan, pulau dan juga bebukitan, dan tak lupa pula wisata Bahari dan wisata airnya.

Pantai Rajegwesi Banyuwangi



Banyuwangi tak hanya punya pantai sukamade, ataupun teluk hijau yang tampak bagai surga tersembunyi, namun masih ada banyak wisata keren lainnya yang tak kalah indah salah satunya merupakan pantai rajegwesi yang terletak diantara lokasi kedua tempat indah tersebut.   Ya, Pantai Rajegwesi merupakan suatu pantai indah yang terletak di Desa Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Rajegwesi ini juga merupakan pintu gerbang pertama untuk memasuki kawasan Taman Nasional Meru Betiri di Banyuwangi.
pantai rejegwesi

 Banyuwangi tak hanya punya pantai sukamade, ataupun teluk hijau yang tampak bagai surga tersembunyi, namun masih ada banyak wisata keren lainnya yang tak kalah indah salah satunya merupakan pantai rajegwesi yang terletak diantara lokasi kedua tempat indah tersebut.

 Ya, Pantai Rajegwesi merupakan suatu pantai indah yang terletak di Desa Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Rajegwesi ini juga merupakan pintu gerbang pertama untuk memasuki kawasan Taman Nasional Meru Betiri di Banyuwangi.


SEJARAH PANTAI REJEGWESI


 Asal muasal nama Rajegwesi sendiri bila kita telusuri lebih dalam akan mempunyai kaitan dengan sistem pertahanan angkatan Bahari Jepang dimasa penjajahan Jepang. Dimana nama Rejegwsi berasal dari 2 Perkataan dalam bahasa jawa, yakni Perkataan "Rajeg" yang dalam bahasa Indonesia bermakna "Tiang Pancang". Serta Perkataan "Wesi" yang dalam bahasa Indonesia bermakna "Besi". Hal ini karean di zaman dahulu Jepang pernah menancapkan tiang pancang yang terbuat dari kayu Jati (yang dahulu dipercaya setara dengan kekuatan besi) di kawasan perairan Teluk Rajegwesi.



KEINDAHAN PANTAI REJEGWESI:




Lokasi Pantai Rajegwesi ini yang berada di tengah-tengah wilayah perkampungan nelayan. Hal ini Sebab memang sebagian besar penduduk disekitar Pantai Rajegwesi berkerja sebagai nelayan.

Lokasi Pantai Rajegwesi ini yang berada di tengah-tengah wilayah perkampungan nelayan. Hal ini Sebab memang sebagian besar penduduk disekitar Pantai Rajegwesi berkerja sebagai nelayan.
Bahtera nelayan sekitar

Pantai Rajegwesi ini dianugrahi dengan pemandangan yang benar-benar menawan, hal ini karena dari perpaduan antara pemandangan hamparan luas pasir pantai yang masih bersih dengan pemandangan di sisi kanan yang terdapat hamparan tebing bebatuan yang mengandung biji besi.

Ditambah lagi dengan deburan ombak yang setiap saat menghantam bebatuan tampak sangat menawan. Di tambah hamparan pasir yang berwarna kecoklatan yang diakibatkan oleh endapan lumpur dari beberapa sungai yang aliran airnya bermuara di pantai ini saat banjir, yang menjadikan pasir pantainya berwarna coklat serta mempunyai tekstur yang sangat lembut.


Ombak di Pantai Rajegwesi ini relatif kecil bila dibandingkan dengan pantai di pesisir selatan pulau Jawa lainnya. Hal ini dikarenakan dipantai ini terdapat batuan karang yang cukup tinggi yang berbentuk menyerupai tembok raksasa yang menghadang besarnya deburan ombak khas Samudera Hindia. Oleh Sebab itu kita Bisa berenang dipantai ini dengan aman dan nyaman, namun wajib tetap waspada.

Dipantai ini batuan karang inilah yang disebut drngan Rajegwesi yang dalam bahasa jawa bermakna "Pagar Besi", dan setelah diteliti ternyata batu karang memang mengandung biji besi didalamnya. Dan warna kemerah-merahan di batuan karang yang menyelimuti batuan karang menunjukkan bahwa terdapat suatu karat, yang diakibatkan oleh proses kerosi oleh deburan air Bahari selama bertahun-tahun lamanya.

Dipantai ini batuan karang inilah yang disebut drngan Rajegwesi yang dalam bahasa jawa bermakna "Pagar Besi", dan setelah diteliti ternyata batu karang memang mengandung biji besi didalamnya. Dan warna kemerah-merahan di batuan karang yang menyelimuti batuan karang menunjukkan bahwa terdapat suatu karat, yang diakibatkan oleh proses kerosi oleh deburan air Bahari selama bertahun-tahun laman
Wisatawan di Pantai Rejegwesi


 Lokasi dari Pantai Rajegwesi ini berada diantara kedua lokasi Pantai Sukamade dan Pantai Teluk Hijau sehingga dengan cara tak langsung Pantai Rejegwesi ini merupakan pantai penghubung antara kedua pantai indah tersebut.

 Pantai ini begitu indah dan masih sangat terjaga Sebab dikelilingi oleh hutan tropis yang masih sangat terjaga keasriannya. Dan biasanya di bulan Suro, para nelayan akan mengadakaan tradisi petik Bahari dengan Tutorial melarung kepala kambing ke arah tengah Bahari.

 Selain itu, nelayan yang berasal dari sekitar pesisir Rajegwesi ini termasuk nelayan tradisional yang sangat peduli dan sangat menjaga keseimbangan alam, seperti yang terlihat dari Tutorial mereka dalam menangkap ikan yang hanya memakai tehnik pancing ataupun hanya memakai jala kecil.


PANTAI REJEGWESI SEBAGAI HABITAT PENYU LANGKA


 Sebagai bagian dari Taman Nasional Meru Betiri Pantai Rejegwesi juga mempunyai kesamaan dengan Pantai Sukamade, yakni menjadi salah satu habitat penyu dan tempat penangkaran penyu. Di pantai ini kita akan Bisa melihat proses penyu langka yang sedang bertelur, di antaranya penyu hijau, penyu belimbing, penyu slengkrah, serta penyu sisik. Dan kita Bisa menyaksikan bayi penyu yang sebelumnya sudah ditangkarkan dipantai Sukamade ataupun Ketapang, Banyuwangi yang akan dilepaskan ke arah pantai ini supaya Bisa tumbuh dan berkembang.

 Sebagai bagian dari Taman Nasional Meru Betiri Pantai Rejegwesi juga mempunyai kesamaan dengan Pantai Sukamade, yakni menjadi salah satu habitat penyu dan tempat penangkaran penyu. Di pantai ini kita akan Bisa melihat proses penyu langka yang sedang bertelur, di antaranya penyu hijau, penyu belimbing, penyu slengkrah, serta penyu sisik. Dan kita Bisa menyaksikan bayi penyu yang sebelumnya sudah ditangkarkan dipantai Sukamade ataupun Ketapang, Banyuwangi yang akan dilepaskan ke arah pantai ini supaya Bisa tumbuh dan berkembang.
acara Divestasi tukik



RUTE MENUJU PANTAI RAJEGWESI

 Untuk Bisa tiba di obyek wisata Rajegwesi kita Bisa  melalui rute yang akan saya jelaskan berikut ini, yaitu :

kita Bisa berangkat dari kota Jember ataupun Banyuwangi setelah itu melanjutkan perjalanan ke Jajag setelah itu menuju ke Pesanggaran dan selanjutnya ke Sarongan dan akhirnya ke Rajegwesi

 Melalui alur tersebut kita akan Bisa tiba diPantai Rejegwesi serta apabila wisatawan melalui rute ini maka Bisa dengan memakai kendaraan roda empat :
- Perjalanan dari Jember menuju ke Jajag sejauh  84 km dengan waktu tempuh 2 jam.
- Perjalanan dari Banyuwangi menuju ke ke Jajag sejauh 65 km dengan waktu tempuh 1 jam.
- Perjalanan dari Jajag menuju ke Rajegwesi sejauh 40 km dengan waktu tempuh 2 jam.

 Setibanya kita di Sarongan maka jalan yang kita lalui akan relatif mulus. Namun setelah kita meninggalkan Sarongan maka medan jalan yang kita lalui akan mulai terasa menantang.

 kita diharuskan untuk menempuh medan jalan dengan kondisi yang naik turun, berkelok-kelok serta jalanan setapak dengan tekstur permukaan jalan agak bergelombang, berbatu serta sebagian sudah tak beraspal lagi.

 untuk para petualang inilah sensasi yang sebenarnya dari arti suatu penjelajahan alam untuk menemukan tempat yang eksotis. Dan kita tak hanya akan Bisa menikmati keindahan yang disajikan oleh pantainya aja akanbtetapi juga kita juga Bisa menikmati unsur petualangannya. kita ta wajib khawatir akan merasa bosan selama diperjalanan Sebab di sepanjang perjalanan kita akan tersaji panorama alam pedesaan yang akan memanjakan mata serta menyejukkan hati kita.

 Maka bersiaplah untuk memasuki kawasan perkebunan yang cukup luas, yang dimulai dari perkebunan jati, perkebunan sengon, perkebunan coklat bahkan hingga perkebunan karet akan menemani perjalanan kita di sebelah kanan kiri jalan yang kita akan lalui.

Setelah itu pemandangan disekitar kita akan berubah menjadi hamparan rumput ilalang, maka akan tampak suatu pantai yang begitu eksotis dan mempesona yang tampak dari kejauhan. Maka selamat kita telah hingga di Pantai Rajekwesi.

 tak sulit bukan dalam menemukan lokasi pantai ini, hal ini dikarenakan pantai ini berada tepat di pinggir jalan yang cukup sering dilalui oleh mobil ataupun kendaraan lain. Dan dari jalan sudah tampak pantainya serta sudah terdengar jelas suara deburan ombak yang berasal dari pantai Rajegwesi ini.


Dan itulah tadi ulasan dari saya mengenai Pantai Rejegwesi, yang sangat indah dan mudah diakses maka jangan ragu untuk datang kesini

Selamat berlibur
Semoga menyenangkan

panorama wisata

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Pantai Rajegwesi Banyuwangi Yang wajib kita Tahu"

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel