7 Fakta Unik Gerhana Matahari Total Pada 2016 Yang wajib kita Tahu Yang wajib kita Tahu

Sebelum membahas 7 Fakta Unik Gerhana Matahari Total 2016 Yang wajib kita Tahu. Blog ini semoga menjadi pusat sumber referensi tempat wisata dan pemandangan alam melalui foto yang disedikan disini, semoga Bisa menentukan wisata mana yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau bersama teman teman. Banyak sekali lokasi pantai, pegunungan, pulau dan juga bebukitan, dan tak lupa pula wisata Bahari dan wisata airnya.

7 Fakta Unik Gerhana Matahari Total Pada 2016 Yang wajib kita Tahu

Gerhana Matahari total Bisa kita saksikan dengan cara langsung hanya di 11 wilayah Indonesia aja, yaitu, Halmahera dan Poso, Ternate, Luwuk, Palangkaraya, Sampit, Bangka, Palu, Balikpapan, Belitung, Palembang.

7 Fakta Unik Gerhana Matahari Total 2016 Yang wajib kita Tahu


Adapun waktu terjadinya gerhana total untuk kawasan waktu indonesia barat (WIB) terjadi di Pukul 07.20 WIB, Untuk kawasan Waktu Indonesia Tengah (WITA) terjadi di pukul 08.33 WITA. Untuk kawasan Waktu Indonesia Timur (WIT) terjadi di pukul 09.51 WIT.

Dan untuk kita yang tak akan tinggal di 11 daerah tersebut, tak wajib khawatir, sebab kita Bisa menyaksikan Gerhana tersebut dengan cara langsung dengan menonton Live Streaming di TV. Sebab beberapa stasiun TV swasta tanggap menyuguhkan kebutuhan masyakat dan akan menyiarkan fenomena langka tersebut dengan cara Live jadi lebih aman untuk mata.

Terjadinya Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 ternyata menyimpan beberapa fakta unik yang terjadi, Berikut ini ulanya yang sudah saya kumpulkan dari beberapa sumber:

1. Gerhana matahari total biasanya hanya Bisa terjadi dalam 300 tahun sekali Namun tak akan untuk Indonesia.

Gerhana matahari total merupakan salah satu peristiwa alam langka, seperti yang prediksi para ahli yang mengatakan hanya Bisa terjadi 300 tahun sekali.

Dan Thomas Djamaluddin, Kepala Forum Penerbangan dan Antariksa Nasional, mengungkapkan, "Berdasarkan perhitungan kasar, gerhana matahari total hanya akan terjadi ±300 tahun sekali di suatu daerah"

Namun waktu 300 tahun sekali terjadinya Gerhana Matahari Total tak akan berlaku di kawasan Indonesia sebab kejadian gerhana matahari total sudah pernah terjadi 3 kali dalam kurun waktu kurang dari 40 tahun terakhir di Indonesia yakni di tahun 1988 dan 1995 silam, serta kini 2016.


2. Gerhana Matahari Total 2016 merupakan yang pertama terjadi di abad ke 21.


Setelah peristiwa Gerhana Matahari Total yang terakhir terjadi di tahun 1995 dan kembali terjadi 2016, maka Gerhana Matahari Total kali terjadi selang 21 tahun sejak Gerhana Matahari Total terakhir di abad ke 20.

3. Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Terjadi Bertepatan dengan Hari Raya Nyepi.


Hari raya umat Hindu di Bali yang jatuh bertepatan di tanggal 9 maret 2016 dengan terjadinya fenomena gerhana matahari total. Sehingga menjadi suatu keuntungan sebab 9 Maret akan ada hari libur nasional, maka dari itu kita Bisa menyaksikan gerhana matahari total 2016 dengan cara Live Streaming di berbagai stasiun TV.

4. Gerhana Matahari Total Hanya Akan Bisa Disaksikan Di Kawasan Indonesia serta Wilayah Samudera Pasifik.

Fenomena Gerhana Matahari Total 2016 langka dan jarang terjadi ini, hanya akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia serta sebagaian kawasa samudera pasifik aja, sementara wilayah di belahan bumi yang lain tak akan akan di lewati oleh gerhana matahari total ini.

Gerhana Matahari total Bisa kita saksikan dengan cara langsung hanya di 11 wilayah Indonesia aja, yaitu, Halmahera dan Poso, Ternate, Luwuk, Palangkaraya, Sampit, Bangka, Palu, Balikpapan, Belitung, Palembang.

Berikut Daftarnya :

Gerhana Matahari total Bisa kita saksikan dengan cara langsung hanya di 11 wilayah Indonesia aja, yaitu, Halmahera dan Poso, Ternate, Luwuk, Palangkaraya, Sampit, Bangka, Palu, Balikpapan, Belitung, Palembang.  Berikut Daftarnya :

5. Menjadi pusat perhatian para ilmuan dunia.


Rencananya para ilmuwan LAPAN akan berkolaborasi bersama para ilmuan asing, termasuk juga para ilmuan dari Badan Antariksa Amerika Serikat alias NASA.

6. Gerhana matahari total bukanlah fenomena yang berbahaya.


Meski tak berbahaya, akan tetapi kita wajib tetap berhati - hati saat ingin menyaksikanya dengan cara langsung. Sebab hal itu Bisa menyebabkan kebutaan permanen.

7. Matahari terlihat sama besar dengan bulan


Gerhana Matahari Total ini merupakan peristiwa tertutupnya piringan Matahari oleh piringan Bulan. Dan fakta yang menarik merupakan meskipun ukuran diameter Matahari sekitar 400 kali jauh lebih besar daripada diameter Bulan.

Namun, piringan Matahari dan Bulan yang tampak oleh mata kita mempunyai besarnya hampir sama, yaitu setengah derajat. Hal ini dikarenakan oleh posisi Matahari yang terletak sekitar 400 kali lebih jauh daripada posisi Bulan terhadap.

Itulah 7 fakta menarik terkait Gerhana Matahari Total yang akan terjadi di Indonesia di tanggal 9 Meret 2016 semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Fakta Unik Gerhana Matahari Total Pada 2016 Yang wajib kita Tahu Yang wajib kita Tahu"

Posting Komentar