Pantai Watu Dodol, Pesona Dari Banyuwangi Bikin Penasaran Yang Bagus Untuk di Baca

Pantai Watu Dodol, Pesona Dari Banyuwangi Bikin Penasaran Yang Bagus Untuk di Baca
kalian Ingin Liburan dan berwisata? Blog ini menyajikan gambar dan foto Objek tempat wisata yang terindah mempesona, kali ini membahas Pantai Watu Dodol, Pesona Dari Banyuwangi Bikin Penasaran. Koleksi referensi tempat wisata dan pemandangan alam melalui foto yang ada diblog ini, semoga Bisa menentukan wisata mana yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau bersama teman teman. Banyak sekali lokasi pantai, pegunungan, pulau dan juga bebukitan, dan tak lupa pula wisata Bahari dan wisata airnya.

Pantai Watu Dodol, Pesona Dari Banyuwangi Bikin Penasaran

Pantai Watu Dodol merupakan pantai yang terletak dipinggir jalan utama Situbondo-Banyuwangi yang berarti Pantai Batu Dodol, pantai ini merupakan tempat rekreasi keluarga dan juga tempat peristirahatan untuk para pengendara.

Panorama Pantai Watu Dodol
Panorama Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com


Pantai Watu Dodol ini berdekatan dengan kawasan hutan, selain itu itu mendapatkan pemandangan yang bagus maka sebaiknya para pengunjung menyaksikan panorama pantai dari atas bukit yang berada di dekat pantai.

Pantai ini juga mempunyai banyak keunikan yang ditandai oleh keberadaan sumur berair tawar, Goa Jepang, Watu Dodol yang belum Bisa dipindahkan hingga Upacara Puter Kayun.

Selain itu, untuk menunjang aktivitas pariwisata di Pantai Watu Dodol ini mempunyai berbagai fasilitas hingga penginapan dan restoran yang Bisa kalian baca dalam penjabaran saya di bawah ini :


Lokasi Pantai Watu Dodol.



Panorama Pantai Watu Dodol
Panorama Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com

Pantai Watu Dodol berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan Wisata Pantai Watu Dodol ini merupakan gerbang untuk masuk ke Kabupaten Banyuwangi bila kalian datang dari wilayah Kabupaten Situbondo.

bila kalian ingin datang ke tempat ini maka lokasi kawasan wisata ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer perjalanan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.


Etimologi Pantai Watu Dodol.

Panorama Pantai Watu Dodol
Panorama Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com


Dalam bahasa Jawa, istilah Watu bermakna Batu, sedangkan istilah Dodol Bisa juga diartikan sebagai Jenang Dodol Bisa merujuk kepada jenis makanan tradisional yang manis dan berbentuk persegi seukuran kelingking.

Dodol juga Bisa diartikan suatu makanan tradisional yang berupa makanan dari ketan yang ditumbuk, setelah itu dibentuk lonjong seukuran telapak tangan, dan setelah itu digoreng.


Legenda Di Pantai Watu Dodol.

Kawasan Objek Wisata Watu Dodol ini cukup terkenal sebagai tempat wisata yang mengandung banyak cerita legenda mistis yang turut menarik perhatian wisatawan yang penasaran untuk mencoba mendatangi Pantai Watu Dodol.


Sejarah Asal Mula Pemberian Nama Watu Dodol.

Aktivitas Wisata Pantai Watu Dodol
Aktivitas Wisata Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com

di masa Kerajaan Blambangan yang diperintah oleh Minak Jinggo, pernah terjadi suatu peperangan antara pasukan Blambangan dengan pasukan Majapahit . Pasukan Blambangan yang saat itu menemui kekalahan, telah mengakibatkan banyak prajuritnya yang melarikan diri menuju ke arah pantai di utara.

Dan seorang prajurit Blambangan yang membawa bekal berupa jadah/dodol saat beristirahat di tepi pantai, namhn bekal dodol yang dia bawa tertinggal. Dodol tersebut akhirnya berubah menjadi suatu batu besar yang disebut Watu Dodol.

Dan nama Pantai Watu Dodol sendiri diambil dari suatu batu besar dengan tinggi 6 meter yang terletak tepat di antara kedua ruas jalan raya di dekat Pantai Watu Dodol Banyuwagi.


Keunikan Wisata Watu Dodol

》Keindahan Panorama Saat Sunset

Sunset Di Pantai Watu Dodol
Sunset Di Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com

Gambar diatas mungkin sudah Bisa menggambarkan untuk kalian bagaimana indahnya panorama alam di Pantai Watu Dodol saat matahari mulai kembali ke peraduannya.



》Watu Dodol Di Pantai Watu Dodol.

Watu Dodol
Watu Dodol
banyuwangibagus.com


Watu Dodol merupakan batu karang yang berwarna hitam pekat yang sangat keras serta mempunyai bentuk bagian atasnya yanh lebih besar daripada bagian dasarnya menjadikannya tampak unik.

Di bagian selatan sisi Watu Dodol, tumbuh suatu pohon kelor yang membuat watu dodol tampak angker, akan tetapi itu dulu dan kini Watu Dodol sudah terlihat asri Sebab banyak dihiasi taman yang merupakan jalur hijau.


》Patung Gandrung Di Pantai Watu Dodol.

Patung Selamat Datang Gandrung
Patung Gandrung Selamat Datang
banyuwangibagus.com

Patung Gandrung merupakan patung berbentuk penari dengan tarian khas Banyuwangi yang dihiasi tulisan "Selamat Datang di Kabupaten Banyuwangi" yang dijadikan sebagai penghias gerbang masuk ke Kabupaten Banyuwangi dari Kabupaten Situbondo.


》Sumur Air Tawar Di Pantai Watu Dodol.

Sumur Air Tawar
Sumur Air Tawar
banyuwangibagus.com

Meski berada di daerah pesisir pantai, sumur air yang berlokasi di kawasan Pantai Watu Dodol ini berair tawar. Sebab keunikannya tersebut penduduk setempat membatasinya dengan dinding melingkar yang terbuat dari batu.

Mitosnya Air tawar yang dikeluarkan oleh sumur ini dipercaya Bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.


》Gua Jepang Di Pantai Watu Dodol.

Goa Jepang Di Pantai Watu Dodol
Goa Jepang Di Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com

di zaman Perang Dunia II, Gua Jepang ini digunakan sebagai benteng pertahanan serta sebagai pos untuk mengawasi setiap kapal yang melintasi Selat Bali. Gua tersebut menghubungkan antara pintu gua yang berada di sisi bukit dengan pintu gua di puncaknya.

Kini kondisi Gua Jepang ini suah tak akan terawat dan sudah tertutup oleh semak-semak sehingga cukup sulit untuk ditemukan, kecuali untuk orang-orang yang sudah mengenal betul lokasinya aja yang Bisa menemukannya.


Wisata dan Peristirahatan Di Tepian Pantai.

Pantai Watu Dodol dilengkapi beberapa tempat peristirahatan sementara untuk para pengendara yang sedang melintasi jalur Situbondo-Banyuwangi. Lokasi sekitar Pantai Watu Dodol cukup rindang karena banyak ditumbuhi oleh pepohonan.

Selain dibatasi oleh hanparan Bahari biru di sebelah timur, lokasi wisata Pantai Watu Dodol ini juga berbatasan langsung dengan bukit dan hutan.

Dan para pengunjung alias pengendara Bisa menikmati indahnya panorama Bahari lepas serta Watu Dodol dari atas bukit, atau Bisa juga menikmati keasrian yang terpancar dari hutan yang juga dihuni oleh berbagai jenis satwa liar.


Upacara Puter Kayun Di Pantai Watu Dodol.

Tak hanya punya banyak fasilitas untuk peristirahatan tapi bila punya banyak budaya. Salah satunya yaitu Upacara atau Ritual Puter Kayon yang merupakan suatu festival yang diadakan oleh penduduk setempat yang biasa digelar seusai Lebaran (Idhul Fitri).

Inti dari upacara tersebut yaitu perwujudan syukur dari penduduk setempat Sebab Bisa merayakan Lebaran serta mengenang jasa-jasa dari Buyut Jakso, yang merupakan seorang sesepuh yang pertama kali membuka Kampung Boyolangu (lokasi Pantai Watu Dodol).

Upacara dibuka dengan mengarak tumpeng dan berbagai sesajian dari Boyolangu ke lokasi Pantai Watu Dodol. Sesampainya di pantai, seluruh sesajian selanjutnya akan dilarungkan ke Bahari lepas sementara Tumpeng dijadikan santapan bersama.


Hotel dan Restoran Di Pantai Watu Dodol.

Letak Pantai Watu Dodol yang memang berdekatan dengan Pelabuhan Ketapang membuatnya sering menjadi tempat peristirahatan untuk para pelancong yang hendak pergi menuju atau datang dari Pulau Bali. Hotel yang ada di kawasan wisata Pantai Watu Dodol ini yaitu Hotel Watu Dodol. Sedang Restoran yang saya tahu ada di lokasi kawasan wisata Pantai Watu Dodol yaitu Restoran Melaties.


Fasilitas Wisata Di Pantai Watu Dodol.

Penyewaan Bahtera Di Pantai Watu Dodol
Penyewaan Bahtera Di Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com

Kawasan wisata Pantai Watu Dodol ini dilengkapi dengan banyak fasilitas mulai dari area parkir yang luas, warung-warung berjejer yang menyediakan makanan khas Banyuwangi, toko-toko yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, kamar mandi untuk para wisatawan yang bermain air di pantai, hingga tempat penyewaan Bahtera nelayan untuk ke tengah Bahari.

Rute Dan Jalur Menuju Wisata Alam Pantai Watu Dodol :

Panorama Pantai Watu Dodol
Panorama Pantai Watu Dodol
banyuwangibagus.com

〉Dari Banyuwangi Kota pergi menuju ke Pelabuhan Ketapang.
〉Dari Pelabuhan Ketapang lalu dilanjutkan menuju ke Pantai Watu Dodol sekitar 2 km.

→ Untuk Bisa tiba kawasan wisata Pantai Watu Dodol sangatlah mudah Sebab lokasinya berada di sebelah jalan lintas propinsi, yang Bisa kalian tempuh dengan memakai bus antarkota jurusan Surabaya-Banyuwangi.

kalian juga Bisa menuju lokasi Pantai Watu Dodol dengan memakai Kereta Api dari Stasiun Gubeng Surabaya ke Stasiun Banyuwangi Baru yang setelah itu dilanjutkan dengan kendaraan antardesa colt atau isuzu.

→ Apabila kalian datang dari arah Bali, setelah kalian tiba di pelabuhan penyebrangan Meneng – Ketapang maka kalian wajib menempuh perjalanan sejauh ±2 km memakai angkutan antardesa ataupun bus yang menuju arah Kabupaten Situbondo.


demikian Informasi Dari Saya mengenai Pantai Watu Dodol Banyuwangi, Semoga Bermanfaat Dan Selamat Berlibur..
wisata indo

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Pantai Watu Dodol, Pesona Dari Banyuwangi Bikin Penasaran Yang Bagus Untuk di Baca"

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel