10 Objek Wisata Di Lamongan Yang Sangat Sayang kita Lewatkan Yang Wajib di Baca

10 Objek Wisata Di Lamongan Yang Sangat Sayang kita Lewatkan Yang Wajib di Baca
kalian Ingin Liburan dan berwisata? Blog ini menyajikan gambar dan foto Objek tempat wisata yang terindah mempesona, kali ini membahas 10 Objek Wisata Di Lamongan Yang Sangat Sayang kita Lewatkan. Kumpulan referensi tempat wisata dan pemandangan alam melalui foto yang ada diblog ini, semoga Bisa menentukan wisata mana yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau bersama teman teman. Banyak sekali lokasi pantai, pegunungan, pulau dan juga bebukitan, dan tak lupa pula wisata Bahari dan wisata airnya.

10 Objek Wisata Di Lamongan Yang Sangat Sayang kita Lewatkan

Kabupaten Lamongan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten Lamongan ini berbatasan dengan Bahari Jawa di sebelah utara, Kabupaten Gresik di sebelah timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di sebelah selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di sebelah barat.

gambar Wisata Bahari Lamongan
foto Wisata Bahari Lamongan
mommyocha.blogspot.com

Kabupaten Lamongan juga merupakan salah satu daerah yang termasuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila.

Kabupaten Lamongan ini juga menjadi saksi bisu kehidupan orang-orang terkenal di masanya mulai dari Sunan Drajat hingga Van der Wijck. Yang sisa peninggalan mereka di lamongan terus didatangi oleh para wisatawan.

Selain itu lamongan juga mempunyai banyak tempat dengan panorama alam yang menakjubkan, serta tempat hiburan yang wahana. Apa aja tempat-tempat tersebut?? Simak jawabannya di bawah ini :


1. Desa Sendang Duwur, Lamongan

Berada di ketinggian 72 meter di atas permukaan Bahari, lokasi desa yang ada di Kecamatan Pacitan, Lamongan ini mampu membagikan pemandangan manakjubkan saat kalian memandang langsung ke arah Bahari Jawa dari atas bukit.

Sebagai desa yang telah resmi ditetapkan sebagai desa wisata, desa Sendang Duwur menjadi suatu kawasan pedesaan yang mempunyai karakteristik tertentu yang juga masih lekat dengan berbagai kearifan lokal, dimana desa Sendang Duwur penduduknya juga masih mempunyai berbagai tradisi dan budaya tradisional warisan nenek moyang.

Selain itu, Desa Sendang Duwur juga didukung dengan keberadaan potensinya sebagai suatu desa pusat kerajinan batik tulis, kerajinan perhiasan emas ataupun perak. Mereka juga sudah menjalankan berbagai aktivitas kerajinan ini sejak zaman dahulu hingga saat ini.

Selain itu, para wisatawan juga Bisa berbelanja berbagai hasil kerajinan karya warga Sendang Duwur, selain berbelanja, wisatawan juga Bisa melihat dengan cara langsung bagaimana proses pembuatan kerajinan tersebut di lokasi aslinya.


2. Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Hampir semua orang Jawa Timur pasti sudah mengenal objek Wisata Bahari Lamongan (WBL) yang merupakan suatu kawasan wisata bahari yang sukses dipadukan dengan taman bermain yang penuh dengan wahana yang menarik untuk dicoba satu per satu.

Lokasi Wisata Bahari Lamongan ini beralamat di Kecamatan Paciran atau lebih tepatnya berada di Jalur Pantai Utara (Jalur Pantura) yang menghubungkan antara Tuban-Surabaya.

Dalam Wisata Bahari Lamongan ini terdapat banyak wahana menarik, namun beberapa wahana unggulan yang wajib kita coba, antara lain :
■ Istana Bawah Bahari,
■ Gua Insectarium,
■ Space Shuttle,
■ Anjungan Wali Songo,
■ Texas City,
■ Paus Dangdut,
■ Tembak Ikan,
■ Rumah Kaca, serta
■ Istana Bajak Bahari.



3. Pantai Kutang Lamongan

Nama salah pantai di Lamongan ini memang terbilang unik dan cukup anti-mainstream. Namun pantai ini bukan hanya mengandalkan keunikan namanya aja sebab kita juga pasti akan sangat terpukau dengan keindahan Pantai Kutang ini.

Di Pantai Kutang, selain kita Bisa menikmati pasir putih, kita juga wajib menjelajahi luasnya kerumunan hutan mangrove yang terdapat tak akan jauh dari lokasi Pantai Kutang

Rindang dan sejuknya hawa di sekeliling hutan mangrove seperti telah menjadi penangkis hawa panasnya dari perpaduan angin Bahari yang telah bercampur dengan teriknya sinar matahari.

Hutan mangrove ini juga yang akan membuat kita merasakan sensasi yang berbeda di saat kita berlibur ke Pantai Kutang ini.

Di Pantai Kutang juga banyak tersedia ayunan yang ada di sepanjang hutan mangrove, yang dijamin akan membuatmu sangat ingin untuk merebahkan badan dan melepas lelah.



4. Waduk Gondang Lamongan

Waduk Gondang ini sebenarnya merupakan salah satu tempat yang telah lama menjadi salah satu tujuan wisata andalan untuk warga Lamongan.

Di Waduk Gondang ini kita Bisa menikmati suasana sejuk yang menerpa tubuh kalian, kesejukan ini berasal dari rindangnya pepohonan dan air danau yang tenang.

Objek wisata Waduk Gondang ini sendiri sudah mulai dibuka sebagai tempat wisata sejak 1987. Dan kala peresmian Waduk Gondang ini dilakukan langsung oleh Presiden Soeharto.

Danau buatan yang mempunyai luas area mencapai 6,6 hektar dan kedalaman air hingga 29 meter ini mempunyai fungsi utama sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan air untuk warga sekitar.


5. Bendungan Babat, Lamongan

Bendungan Babat yang berukuran raksasa ini dibangun untuk diatas aliran air sungai Bengawan Solo sebagai alat pengendali banjir serta sebagai pemasok air untuk daerah Rawa Jabung dan daerah Sudetan Bengawan.

Selain menjadi pengendali banjir, Bendungan Babat ini juga menjadi destinasi wisata untuk warga Lamongan. di waktu pagi, akan banyak warga Lamongan yang datang untuk menjalankan jogging, atau datang hanya untuk sekedar menikmati sejuknya hawa pagi hari di sekitaran Bendungan Babat.

6. Goa Maharani Lamongan

Tak jauh dari loksi Pantai Kodok, terdapat suatu objek wisata yang wajib untuk kita singgahi selama di Lamongan. objek wisata tersebut berupa suatu Goa, yakni Goa Maharani.

Goa Maharani mempunyai kedalam hingga 25 meter dari permukaan tanah, disimi kita akan melihat banyak bebatuan berkilau yang tersusun dan menjadi penghias dinding Goa Maharani.

Konon, saking indahnya batuan di Goa Maharani ini, apabila aja Goa Maharani tak akan diresmikan sebagai objek wisata oleh Bupati Lamongan di tanggal 10 Maret 1994, maka mungkin bebatuan yang terdapat di sekeliliing gua ini sudah menjadi perhiasan cincin yang kalian pakai di tangan kalian Sebab kelestariannya tak mendapatkan perlindungan hukum.




7. Monumen Van Der Wijck di Lamongan

suatu monumen Van Der Wijck juga berdiri di Lamongan. Monumen Van Der Wijck ini dibangun di era pemerintahan kolonial Hindia-Belanda.

Monumen Van der Wijck ini terletak di kantor pelabuhan Brondong, Lamongan.

Monumen ini mengingatkan kita di kapal Van der Wijck yang dianggap sebagai Titanic nya Indonesia yang sukses dibuat di tahun 1921 di Fijenoord Rotterdam, Belanda.

Buya Hamka juga telah sukses mengabadikan kisah kapal ini ke dalam karyanya yang berbentuk suatu film dengan judul "Tenggelamnya Kapal Van der Wijck".

Film "Tenggelamnya Kapal Van der Wijck" ini memperoleh ispirasi dari kisah tenggelamnya Kapal Van de Wijck saat berada di perairan Pantura (pesisir utara Pulau Jawa), di tahun 1936.



8. Makam Sunan Drajat (Walisongo) di Lamongan

Sunan Drajat sebagai salah satu anggota dari Walisongo yang telah sangat berjasa dalam menyebarkan agama Islam di pulau Jawa, atau di khususnya menyebarkan agama islam di Kabupaten Lamongan dan sekitarnya.

Lokasi Makam Sunan Drajat berada kurang lebih dua jam perjalanan dari pusat Kota Lamongan. Situs Makam Sunan Drajat ini telah menjalani pemugaran sejak tahun 1992 hingga selesai di tahun 1994. Dan hingga kini menjadi lebih nyaman untuk dikunjungi oleh para pengunjung yang berziarah.


9. Museum Sunan Drajat, Lamongan

Selain situs berupa Makam Sunan Drajat, di Lamongan juga terdapat Museum Sunan Drajat yang letaknya masih berada di dalam satu kawasan dengan keberadaan Makam Sunan Drajat.

Keduanha berada di Desa Drajat, Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Di Museum Sunan Drajat ini kita Bisa menemukan banyak barang koleksi yang merupakan peninggalan Sunan Drajat mulai dari buku, lontar, gamelan, bambu, batik, bedug, kulit, keramik, baju besi, hinggga perunggu dan masih banyak lagi.


10. Pantai Kodok Lamongan

Pantai Kodok agaknya berbeda dengan pantai lainnya yang di umumnya erat hubungannya dengan keberadaan ini pasir putih, sebab di Pantai Kodok justru lebih didominasi oleh keberadaan tebing karang dan batuan cadas. Namun itulah yang menjadi keunikan Pantai Kodok.

Di Pantai Kodok kita Bisa melihat keindahan deburan ombak besar saat menghantam kerumunan batu karang, serta angin Bahari yang berhembus dan menerpa tubuhmu.


Dan itulah tadi sedikit ulasan dari saya mengenai 10 tempat wisata favorite di lamongan yang wajib kita datangi. Selamat Berlibur Semoga Menyenangkan....
wisata indo

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "10 Objek Wisata Di Lamongan Yang Sangat Sayang kita Lewatkan Yang Wajib di Baca"

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel